Rabu, 13 Februari 2008

Penjualan Toyota pada awal 2008 Bisa Digenjot

oleh SP Rahmat
Penjualan mobil awal 2008 yang menggembirakan (41.380 unit), menurut Joko Trisanyoto, Direktur Marketing PT. Toyota Astra Motor, masih bisa ditingkatkan lagi. Dalam sebuah perbincangan ringan dengan yang bersangkutan, Joko menyatakan banyak pengiriman yang tertunda karena berbagai hal. Tentu saja masalah bencana yang sedang menimpa beberapa daerah di tanah air menjadi salah satu sebabnya.

Awal tahun 2008 sendiri ATPM mobil Toyota ini berhasil menjual sebanyak 13.745 unit. Menurut Joko, penjualan terbesar Toyota itu diperoleh dari Avanza. “Beberapa produk kami masih harus indent. Termasuk truk Dyna juga indent,” kata Joko, di sela-sela acara AUTOCAR Readers Choice Award, tadi malam (12/2) di Menara Jamsostek, Jakarta.


Penjualan anggota Gaikindo di awal tahun ini memang menggembirakan. Hampir semua anggota Gaikindo memperlihatkan prestasi jualan yang lebih bagus dari penjualan periode yang sama tahun 2007 lalu. Misalnya Mazda yang pada Januari 2007 lalu hanya menjual sebanyak 75 unit, pada awal tahun 2008 berhasil meningkatkan penjualan menjadi 232 unit.


Begitu pula dengan merek-merek yang lain seperti Mitsubishi, Suzuki, Honda, Nissan, Daihatsu dan sebagainya. Namun dari angka-angka penjualan spektakuler yang dicatat para pebisnis otomotif di awal tahun 2008 itu, penjualan Nissan menjadi yang paling luar biasa. Awal tahun 2007 lalu Nissan menjual sebanyak 426 unit. Sedang awal tahun ini mencapai penjualan sebanyak 2.149 unit. Penjualan terbesar dari Nissan ini disumbang duet Livina : Grand Livina dan Livina XR. @

0 komentar:

Posting Komentar