Selasa, 20 Oktober 2009

Suswono, Calon Mentan yang Gemar Sayur Asem

oleh Prima Sp Vardhana/ berbaai sumber



CALON Menteri Pertanian (Mentan) di Kabinet Indonesia Bersatu II, Suswono, ternyata gemar menyantap sayur asam. "Kakak saya, Suswono, memang salah satu penggemar sayur asem. Bila pulang ke Slawi, minta dibuatkan sayur asem," kata adik kandung Suswono, Siti Arumsih, Selasa (20/10) di Tegal.


Soal makanan, kata Siti yang tinggal di RT 02/RW 04, Desa Kalisapu, Kecamatan Slawi, Kabupaten Tegal itu, Suswono bukanlah orang yang pilih-pilih. Ia mengatakan, sebagian besar makanan kesukaannya adalah makanan sederhana.


Ia mengatakan, Suswono yang politisi asal Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu memang dipilih oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sebagai salah satu kandidat menteri. Kandidat menteri lainnya yang berasal dari partai itu adalah Tifatul Sembiring, Salim Segaf Aljufri, dan Suharna Surapranata.


"Soal nanti Suswono menjadi menteri atau tidak, itu wewenang Bapak SBY karena yang saya tahu, SBY telah menepati janjinya yakni akan memberikan jatah empat menteri dari PKS," kata Siti yang juga istri Amar Syamsi itu.


Ia mengaku mengetahui Suswono sebagai salah satu kandidat menteri dari pemberitaan televisi. Kedua orangtuanya, yakni Asyraf dan Suratni, katanya, juga mengetahui kabar anak pertamanya itu menjadi salah satu kandidat menteri dari pemberitaan televisi.


"Suswono belum memberitahu keluarga perihal dirinya menjadi calon menteri pada kabinet mendatang," katanya. Amar mengaku, dia tidak mengetahui secara mendalam tentang sosok Suswono karena kakak iparnya itu jarang pulang ke Slawi.


Berdasarkan cerita beberapa teman dekatnya, Suswono memang dikenal memiliki kecerdasan yang lebih baik ketimbang mereka. Suswono pernah aktif di sejumlah organisasi, seperti menjabat sebagai Ketua Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Bogor, Ketua Senat Mahasiswa Fakultas Peternakan IPB, Pengurus Pelajar Islam Indonesia (PII) Daerah Tegal, dan Ketua PII Komisariat Slawi.


Asisten pribadi Suswono dan pengelola Kantor Perwakilan Pusat Informasi dan Pengaduan (PIP) Slawi, Aji Kurnia Darmawan, mengaku mengenal Suswono sebagai pribadi yang layak dicontoh masyarakat. "Sosok Suswono merupakan sosok pekerja keras, disiplin, dan memberikan perhatian kepada sesama," katanya.


Ketua DPRD Kabupaten Tegal Rojikin AH mengharapkan agar Suswono melaksanakan berbagai program pemerintah untuk kepentingan seluruh masyarakat dan bukan kepentingan partai.
Kandidat Doktor
Sekalipun belum ada kepastian mengenai pos menteri yang akan dipercayakan kepada Suswono, ia telah diarahkan Susilo Bambang Yudhoyono, presiden terpilih 2009-2014, untuk mengerjakan bidang pertanian.


"Bapak Presiden memberikan pesan pada saya terkait upaya untuk meningkatkan ketahanan pangan," katanya kepada wartawan seusai menjalani tes kesehatan di RSPAD Gatot Subroto Jakarta, Senin (19/10) malam.


Menurut Suswono, daerah yang sudah mencapai swasembada pangan diharapkan dapat dipertahankan. Adapun yang belum, daerah itu terus diupayakan untuk juga menjadi swasembada. "Intinya agrobisnis," ujarnya.


Terhadap tugas ini, Suswono merasa optimistis karena bidang pertanian sudah menjadi bidangnya. "Saya kandidat doktor pertanian," ujarnya.


Berbeda dengan tiga calon menteri yang lain, yaitu Purnomo Yusgiantoro, Fadel Muhammad, dan Fredy Numberi, Suswono tidak perlu kembali menjalani tes kesehatan pada Selasa (20/10). "Hari ini saya puasa. Saya biasa puasa Senin dan Kamis," pungkasnya.

0 komentar:

Posting Komentar